Tuesday, February 2, 2016

6 Daerah Kos Kosan Buat Anak STAN

Hey buat kalian yang pengen nyari kos kosan dan masih buta daerah di STAN. Kalian newbie dan takut kena calo jangan khawatir disini gue bakal nge-share daerah mana aja sih yang nerima kos kosan di daerah STAN. Ada 6 daerah yang menurut gue bisa kalian jadikan referensi.



Daerah kos kosan dan kontrakan sekitar kampus STAN
Kompleks kos gue PJMI

1. Sarmili 

Ini adalah salah sau kos kosan yang bener bener merakyat di kalangan anak STAN. Disini kalian bisa nemuin kos kosan dari berbagai range harga mulai dari kosan yang super duper murah sampai yang agak mahalan juga ada. Tapi kebanyakan kosan di sini range harganya masih wajar dan cocok kok buat kantong mahasiswa. Kelebihan kalo lu ngekos di Sarmili ini adalah jaraknya lumayan deket ama kampus, begitu lu keluar gang udah langsung ke depan Gedung Student Center.

Tapi yaa, kalo lu kuliahnya di gedung J atau I sih jauh ya mungkin memakan waktu 15 menit jalan kaki. Di lingkungan Sarmili banyak warga yang ekonominya kurang berada jadi sebenernya kehadiran lu di sana merupakan sumber rezeki bagi mereka entah itu dari penghasilan kosan atau jualan di warteg. Nah, sisi jeleknya adalah di Sarmili lingkungannya emang agak "kumuh" soalnya ya emang disana penataan rumahnya kurang bagus dan kalo ujan bisa becek jalannya (kalo sekarang sih mendingan karna diaspal sebagian).

2. Kalimongso

Yang kedua ini adalah tempat ngekos yang merupakan pusat dari anak anak STAN. Kalo di kalmong ini lu bakal deket sama semuanya kayak tempat makan seabrek, tempat fotocopyan buat beli buku dll, ama kampus juga deket begitu keluar langsung ke parma (kantin) kampus dan kalo lu kuliah di gedung d,c,atau e maka deket paling cuman 7 menit jalan kaki.

Bahkan, terkadang anak anak kosan lain kalo cari makan atau main seringnya ke kalmong. Dan juga, range harga masih sama kayak kalo lu ngekos di Sarmili harganya bervariasi dari murah sampe mahal juga ada. Tapi meskipun begitu sama kayak di sarmili juga , kalo lu ngekos di kalmong itu penataan rumahnya kurang bagus jadi dempet dempet gitu dan kalo hujan juga kadang becek. 


3. Ceger

Ceger itu sebenernya gak kayak kosan di Sarmili atau Kalimongso yang kosannya itu jadi satu lingkungan jadi karena ceger sebenernya luas yak soalnya ini nama jalan jadi kalo lu keluar langsung ketemu jalanan belakang STAN. Temen temen gue mungkin jarang banget yang ngekos di daerah ceger ini mungkin cuman 1-2 orang doang.

Mungkin karena jaraknya yang menurut gue kalo jalan kaki ya lumayan jauh sih mungkin 15 menitan baru nyampe kampus soalnya posisinya di luar gerbang STAN gitu bahkan temen gue yang ngekos di ceger nyampe pesen ojek gara gara telat kuliah dan jauh kalo jalan kaki. Ramge harganya masih sama sih sama daerah Kalmong. Tapi bagusnya adalah disini kadang gak kena mati lampu disaat kosan lain mati lampu (pernah kejadian emang). Terus juga kalo ngekos di ceger, kalian bakal lebih sehat karena rajin jalan kaki hhe.

4. PJMI

Yah ini kosan gue lah sesuai sama blog gue wargapjmi.blogspot.com gue agak bingung nyari kekurangannya haha. Nah ini sifatnya subjektif banget yak, jadi PJMI itu kepanjangannya Pondok Jurang Mangu Indah. Beda ama 3 daerah yang gue sebutin di atas jadi PJMI itu adalah komplek perumahan jadi bener bener emang kompleks, ada satpamnya, mesjid, dan lapangan basket.

Di PJMI kosannya emang harganya gak semurah Sarmili atau Kalmong dan emang kosan di PJMI gak sebanyak di Sarmili atau Kalmong juga tapi tetep banyak sih menurut gue. Di PJMI selain ngekos juga banyak kontrakan yang bisa di tinggali bersama. Selain itu juga , kalo kos di PJMI gampang masuk mobil dan gampang dicari sama gojek atau gofood. Di sini juga kalian bisa pasang wifi firstmedia karena emang udah masuk aksesnya kalo sarmili sama kalmong cuman bisa speedy.

Mungkin kalo jeleknya adalah disini kalo malem malem itu banyak tikus bersliweran jadi jangan kaget kalo jalan tiba tiba ada tikus lewat. Kalo banjir sih, di depan kos gue enggak banjir paling di daerah mau ke GKI (Gereja) itu kadang banjir kecil. 

5. Ponsaf (Pondok Safari)

Nah ini adalah kosan terjauh menurut gue, jadi kalo lu gakada motor dan lu gak suka jalan kaki jangan ngekos disini. Kalo pake motor ya paling 6-7 menit tapi kalo jalan kaki mungkin 20 menit kali ya. Temen gue yang ngekos disini palingan cuman 1 doang selama ini yang gue tau itu pun gak ngekos sih tapi tinggal ama kakaknya. Daerah ponsaf ini sebenernya kompleks juga tapi lebih luas lagi dan mungkin kalo ngekos disitu range harganya sama kayak PJMI.

Disini juga ada kontrakan kalo kalian pengen ngontrak terus juga bisa pasang akses wifi firsmedia dan juga bisa masuk mobil. Kalo minusnya ya itu mungkin karena dia posisinya jauh sih dan jarang banget anak STAN ngekos disitu.


6. Ponjay (Pondok Jaya)

Ini adalah tempat kos kosan yang range harganya terkenal mahal, tapi adasih temen gue cowok yang sebulannya 400 ribu tapi itu bener bener langka dan mungkin ia hanya beruntung (?). Berbanding lurus dengan harga ya emang fasilitas yang ditawarkan juga sebanding plus lingkungannya yang rapi berupa kompleks dan ada satpamnya juga. Disini selain anak STAN juga banyak orang orang yang kerja dan ngekos disini .

Selain kos tahunan, disini juga biasanya ada kos bulanan bahkan harian. Tapi kalo lu ngekos disini dan dapat di ujung kosannya maka siap siap lu jalan kaki sampe capek karena Ponjay ini juga menurut gue agak jauh kalo jalan kaki makanya kebanyakan yang ngekos disini punya kendaraan atau paling enggak ngekosnya di daerah Ponjay bagian depan. Disini juga sama kayak PJMI aksesnya gampang kalo mau masuk mobil atau gojek gofood dsb.

Daerah kos kosan dan kontrakan sekitar kampus STAN


Udah baca kan? 6 daerah diatas lah yang merupakan daerah daerah yang sering dicari anak STAN buat ngekost. Semua daerah pasti ada plus minusnya lah tergantung kebutuhan kalian sih. Semuanya berbanding lurus sama budget dan kenyamanan. Kalo mau nyaman ya butuh budget lebih, tapi kalo pengennya biasa biasa aja sih ya budgetnya juga biasa aja. Pokoknya semoga bermanfaat lah tulisan ini buat kalian. Kalo udah berhasil dapet kos kosan share ya di kolom komentar ..

15 comments:

  1. kak boleh minta kontak person untukngekos di PJMI dong

    ReplyDelete
  2. ka apa masih banyak kos cowo di pjmi? tolong kasih tau kak saya butuh kos2an cowo,saya calon mahasiswa stan 2016,line saya:musyaffa_falma

    makasih kak :)

    ReplyDelete
  3. Kosan cowok di jl.murai A 26 pjmi salon neneng

    ReplyDelete
  4. ada kah kosan untuk 3 hari doang disekitar stan?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Kost Cowo PJMI Jl. Paus B 0/6, dan yang dekat lap.Basket/Masjid AnNur jl. HIU.III B 8/18. via WA saja ke 081386079140

    ReplyDelete
  7. kak ini kos kosan khusus cewek yg mana?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  9. informasi kost terbaru 2018 di wilayah kalimangso dan sekitarnya bisa hub saya (Riyan)
    wa 081315093677
    hp 082114376836

    ReplyDelete
  10. 88CSN Menyedikan Permaianan Online
    - Sportbook
    - Live Casino
    - Slot Game
    - Poker
    - Tembak Ikan
    * Bonus 180% NEW MEMBER
    * Bonus New Member 30%
    * Bonus Happy Hour 25%
    * Bonus 20% Poker
    *Bonus Setiap Hari 5%
    Segera Bergabung Dengan Kami :
    Contact :
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88CSN

    ReplyDelete
  11. Terima Kosan untuk Mahasiswa STAN (LETAK STRATEGIS).

    -KOST PUTRA /COWOK.
    -Tempat sangat Strategis, PATOKANNYA: PINTU BELAKANG KAMPUS STAN DI JALAN CEGER RAYA, DI PINGGIR JALAN RAYA CEGER, Posisi seberang Alfa Midi , belakang Toko HAUS.

    -Fasilitas : WIFI, CCTV, kamar mandi dalam. Lemari, tempat tidur, jendela bertralis, dekat dengan jajanan lengkap murah dan enak /Surganya Kuliner Makanan, ( alfa midi, indomart, alfamart,ahadmart berada dalam radius 50 meter dari kosan ),WARTEG murah s/d RESTORAN ada..MC DONALD, KFC, HAUS, Pizza Domino, Richeese Factory, swalayan harmony. Dan Kalo lagi Butuh/Transfer uang , gak perlu susah2 cari ATM, karena ATM dekat & Lengkap sekali. Tinggal nyeberang jalan ajah..( ATM BCA,BRI,BNI,MANDIRI ).
    MASJID, Kantor Bank BCA, BNI, BRI, BJB. dll dekat sekali, dalam radius 250meter dari kosan.

    - Biaya Kosan Tahunan ( edisi tahun 2019) : 10,5 juta per tahun dan Belum termasuk biaya Wifi. Biaya Wifi patungan ama teman kamar (sekitar 50ribu/bulan).

    - hubungi :
    Ibu Basri
    Telp: 021-7363337
    WA : 081513312829

    Hp : 081388085721

    ReplyDelete