Wednesday, February 3, 2016

7 Event Besar Tahunan Di Kampus STAN


Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Halo sobat pembaca semua, gue balik lagi buat nulis hal hal lain seputar STAN yang mana gue perlu mengumpulkan banyak mood buat nulis soalnya seminggu lagi gue dan anak STAN lainnya bakal menghadapi yang namanya UAS jreng jreng . Tapi demi komitmen gue untuk selalu update blog ini maka disempet sempetin aja sih . Nah kali ini gue bakal nulis tentang 7 Event Besar Tahunan di Kampus STAN baik itu akademis maupun non akademis

1. PEKMA (Pekan Mahasiswa)

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Acara ini adalah dimana seluruh mahasiswa bisa refreshing dengan ikut berbagai lomba olahraga maupun seni, akademis juga ada sih. Sekarang PEKMA udah PEKMA ke 5 karena dulu dimulainya waktu gue tingkat 1 dan itu the first time banget ada acara kayak classmeeting gitu abis UTS jadi gak langsung masuk dan gakada libur tapi yah bisa dianggap libur juga sih kan gak belajar cuman ya wajib partisipasi acara acara dalam PEKMA ini. Dan kabar buruknya , karena transformasi STAN menjadi PKN STAN, denger denger PEKMA bakal ditiadakan entah diganti dengan yang lain atau jadi kayak dulu langsung lanjut kuliah hiks :(

2. FESBUDNUS (Festival Budaya Nusantara)

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Ini adalah acara kebudayaan paling gede di STAN diikuti oleh berbagai organda (organisasi daerah ) di STAN. Isi acara banyak banget dari mulai lomba lagu daerah, stand stand organda, rumah budaya, terus juga akhirnya ada PPN (Putra Putri Nusantara). Yang gue senengin dari acara ini adalah waktu gue bisa keliling keliling stand daerah dan nyicipin banyak makanan dari pempek,sate padang,coto makassar dan banyaak lagi pokoknya gak nyesel banget gue dateng waktu itu. Acara ini ya tujuannya buat meningkatkan rasa cinta kita terhadap berbagai budaya di nusantara sih secara entar penempatan anak STAN juga dari sabang dari merauke. ya gak sih?


3. NAC (National Accounting Challange)

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Kalo ini acaranya gede banget karena emang ditujukan buat luar STAN dan kita bisa ikut berpartisipasi jadi panitianya, bisa juga sih jadi pesertanya tapi biasanya itu dari kakak D4 STAN secara udah jago jago akuntansi. Acara NAC ini se Indonesia lho dan ngundang berbagai macam universitas yang ada jurusan akuntansinya buat ikut contohnya UI, UNAIR, UB dan lain lain. Tapi alhamdulillahnya ya STAN selalu yang juara 1 nih entah karena faktor tuan rumah atau gimana. Buat jadi panitia acara ini bakalan ada oprec (Open Recruitment) besar besaran , dan emang banyak yang daftar karena keuntungannya bisa kenal banyak orang. Tapi gue mah ditolak hiks ;(


4. ITF (Indonesian Tax Festival)

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Ini mah sodara kembarnya NAC , kalo NAC itu buat anak akuntansi nah kalo ITF ini yang dilombakan pajaknya selain itu juga ada lomba buat anak SMA juga kayak lomba bikin jingle gitu. Kemaren sih gue liat kepanitianya kayaknya seru gitu apalagi pas acara malamnya itu mereka bikin acara outdoor di deket kolam STAN terus jadi kayak candle light dinner gitu. Acara ini biasanya selang seling sama NAC tapi entah mengapa tahun ini jadi barengan tahun penyelenggaraannya.


5. OPTK (Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan)

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Nah ini event eksternal juga yang mana tiap tahun STAN selalu ambil bagian jadi peserta dan alhamdulillah juga selalu dapet juara lah meskipun bukan juara 1-nya. Tahun ini 2016 OPTK bakalan diselenggarain di STAN jadi anak anak PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) lain yang bakal dateng ke STAN buat bertanding akademis maupun non akademis. Lombanya kalo akademis kayak speech,scrable, pidato, karya tulis dan semacamnya terus kalo non akademis banyak banget lah ya mulai dari atletik,wall climb, bridge dan lain lain. Tahun lalu diselenggarainnya di STIP dan STAN berhasil juara 2 . Semoga aja tahun ini bisa juara 1 lah ya. amin.

6. DINAMIKA (Pendidikan Awal Memasuki Kampus)

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Tiap tahun pasti ada DINAMIKA, eh tergantung sih ada pembukaan apa engga tapi selama gue jadi mahasiswa sih alhamdulillah dari 2013 ampe sekarang ada terus dan gue gapernah jadi panitianya haha soalnya kalo jadi panitia itu bakal ngorbanin liburan kalian karena harus balik ke kampus cepet buat pelatihannya. Kita sebagai senior bisa berpartisipas buat jadi panitia dengan berbagai posisi kayak Peneva, Mentor, dan seksi seksi lainnya.

Yang paling terkenal sih peneva karena emang tugasnya buat kedisiplinan jadi emang kudu orangnya yang tegas gitu . Tujuannya dinamika sih biar adek adek baru yang masuk STAN bakal lebih mengenal kampus dan sekitarnya. Tapi tenang, dinamika di STAN enak kok gak kayak di universitas lain yang keras. Palingan capek moving doang kudu lari lari sih tapi overall masih gak seserem kampus gue dulu lah secara kampus teknik. Lah..

7. CapBul (Capacity Building)

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro

Gue bingung juga sih mau naroh acara ini apa enggak, karena ini acaranya lembaga dan emang bukan acara seneng seneng kalo gue bilang. Tapi rutin diselenggarakan pas gue masuk itu CapBul baru dimulai entah kenapa pas tahun gue. Jadi CapBul itu semacam acara pendidikan disiplin yang selalu diselenggarakan tiap tahun gitu. Tiap tingkat bakal beda CapBulnya ketika lo tingkat 1 bakalan dibawa ke cibubur biasanya, kalo tingkat 2 ke secapa bandung (angkatan gue), dan tingkat 3 kemaren cuman ESQ di kampus.

Disitu lo bakal dididik lah kayak gimana lu gerak jalan, hormat, makan cepet, dan lain lain. Biasanya acaranya 4-7 hari sih tergantung lembaga. Tapi berhubung reformasi STAN gue denger mau ditidiadakan berhubung PEKMA juga di tiadakan. Karena biasanya beriringan ama PEKMA tapi entahlah..

Event dan Kegiatan Besar Tahunan di Kampus STAN Bintaro


Yups, mungkin itu dulu aja kali ya event event yang besar dan tahunan diadain di STAN. Kalian bisa berpartisipasi jadi panitia ataupun peserta tergantung minat kalian juga sih ya yang penting be productive aja di STAN jangan jadi mahasiswa kupu kupu lah.. Karena kalo bukan di acara acara kayak gitu dimana lagi kalian bisa nambah pengalaman dan nambah temen ya gak?

4 comments:

  1. Replies
    1. hehe iya sekarang karena udah jadi politeknik bakalan lebih banyak lagi acara gedenya :)

      Delete
  2. Wah mantab kak, trus pekma VI masih diadakan kak...

    ReplyDelete
  3. Wah mantab kak, trus pekma VI masih diadakan kak...

    ReplyDelete