Monday, February 1, 2016

6 Motivasi Kamu Buat Kuliah di STAN

Mungkin sesuai janji gue tadi bakalan bahas seputar STAN ya. Sebenernya banyak banget sih yang bisa gue ceritain soal STAN secara udah kuliah hampir 3 tahun dan bentar lagi bakal lulus. Amin. tapi buat permulaan mungkin kalian perlu tau dulu kenapa sih kuliah di STAN. Emang di STAN ada apanya sih sampe gue kudu bela belain kuliah disana?

motivasi kuliah di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

1. Kuliah di STAN itu kece bos

Kalian mungkin mayoritas udah banyak yang tau tentang STAN terutama kalo kalian berasal dari Pulau Jawa ya. Tapi kalo kalian berasal dari pulau Luar Jawa , terkecuali Sumatera ya kayak Kalimantan, Sulawesi, Papua gitu kalian gak bakalan tau apa itu STAN.

Ya sama kayak gue yang baru tau STAN pas kelas 2 SMA gara gara di tempat gua jarang yang minat STAN karena pada gak ngerti STAN. Tapi tetep aja sih ya, kalo kalian tau kalo anak STAN itu orangnya pinter pinter dan rajin rajin banget terus begitu lulus langsung jadi pegawai DJP atau pegawai BeaCukai, so pasti kalian bakal ngerasa bangga lah kuliah di kampus plat merah ini. Dan jujur, emang PTK(Perguruan Tinggi Kedinasan) yang paling terkenal itu STAN ama IPDN diantara PTK-PTK lainnya.


2. Kuliah di STAN itu ngebantu orang tua lho

Mungkin udah pada tau ya kalo kuliah di STAN itu gratis tis tis guys, bayar sih tapi cuman 850 ribu buat jas almet dan kegiatan kalian selama 3 tahun di STAN. Dan itupun bisa gak bayar kalo lo bener bener emang orang gak mampu , tinggal ngajuin surat gak mampu ke sekretariat kampus atau lewat BEM. Pokoknya kuliah di STAN itu udah gakpake mikirin soal biaya gedung, SPP, dan tetek bengeknya bahkan sebagian buku cetak gak usah di beli lho karna kita dikasih cuma cuma oleh pihak kampus.

Meskipun gitu, kalian tetep harus ngebiayai hidup sehari hari kalian sih disini kayak biaya kos, dan makan sehari hari.Tapi tenang aja, kalo kalian masih merasa berat di biayanya kalian bisa kok cari penghasilan sampingan sambil kuliah kayak ngajar les privat, bimbel, jual gorengan, jual kaos dan lain lain. Juga di STAN itu ada program PPAKP gitu kayak program buat bantu sesama temen STAN yang kurang mampu.

3. Kuliah di STAN itu 99% terjamin masa depannya

Kenapa kok gue bilang 99% kok gak 100%. Soalnya cuman tuhan yang perfect,guys LOL. Enggak sih cuman ya emang di hidup ini gak ada yang jaminannya 100% kok. Di STAN juga kalo dulu pas angkatan 2008 ke atas begitu lulus STAN langsung jadi pegawai KEMENKEU. Namun, kalo sekarang nih ada yang namanya TKD gitu isinya TWK,TIU, TKP gugling aja ya itu apa.

Tes itu gunanya buat nentuin kita bakal jadi CPNS apa enggak serta mau ditaroh dimana (instansi) kita nantinya . Prosentase kelulusan anak STAN emang cukup tinggi sih dari TKD kakak kelas kemaren yang gak lulus ada 4-5 orang dan itu emang bener bener gak diangkat jadi CPNS. Tapi, terlepas dari itu semua gue yakin kok selama kita belajar bener bener di STAN pasti bisa kok lulus tes itu, wong tes USM STAN aja lolos kok. amin :)

4. Kuliah di STAN itu bikin pinter dan strong

Ini emang beneran sih menurut gue bukan berarti gue sok pinter ya , tapi maksudnya ketika lo kuliah di STAN lu bakalan ngerasa kayak banyak orang-orang pinter yang ada di sekliling lo dan itu ngebuat lu jadi ketularan. amin . Bukannya lebih baik menjadi orang bodoh di antara orang orang pintar dibandingkan menjadi pintar di antara orang orang bodoh? Lagian disni menurut gue dosennya lebih care dibandingkan kalo lu kuliah di univ lain yang kadang masa bodo ama mahasiswanya.

Ya bisa jadi juga karena di STAN itu sistemnya masih kayak anak sekolah gitu kali ya yang mata kuliahnya udah paketan jadi gak ada KRS gitu. Dan juga di STAN bisa bikin mental lu terasah ya karna disini orang orangnya otaknya pada encer semua gara gara kalo deket deket UAS/UTS baru belajar tapi nilainya tetep tinggi gitu gak kayak gue :(


5. Kuliah di STAN kekeluargaannya kuat

Nah ini menurut gue salah satu keunggulannya lagi kalo lu kuliah di STAN gak bakal kayak kampus lain yang sistemnya sks. Jadi disini lu bakal punya temen kelas, iya kayak di SMA/SMP gitu. Soalnya mata kuliah udah dalam 1 paket jadi gak bakal ada namanya lu bisa lebih cepet lulusnya atau sebaliknya. Kalo di tahun gue sih kelasnya ganti tiap tahun jadi lu bakal punya temen kelas tingkat 1, tingkat 2, dan tingkat 3 yang berbeda.

Di kelas ini bakal ada perangkat kelas seperti pada umumnya kayak ketua kelas, wakil, bendahara, sekertaris dan tambahannya bisa ada Penanggung Jawab tiap mata kuliah. Tiap akhir tahun biasanya kelas bakalan bikin makrab (malam keakraban) entah itu ke puncak , pantai, atau kota lain dan itu dilakuin bareng bareng sebagai sarana untuk mendekatkan antar anggota kelas gitu. Terus juga di STAN banyak kok event-event yang bikin kita makin akrab contohnya adalah capacity building yeah. Seru kan !

6. Kuliah di STAN itu santai , broh

Ini bukan berarti santai yang elu tiap hari kerjaannya tidur,makan,tidur,main games, tidur lagi loh ya. Santai disini artinya lu masih bisa menikmati hidup ditengah rutinitas sebagai mahasiswa. Gue kadang ngerasa bersyukur karena gue akhirnya kuliah di STAN. soalnya gue kadang ke kota lain ngunjungin temen temen SMA gue yang kuliah di kampus lain dan gue ngerasa kok kayaknya mereka busy banget gitu ya tiap hari tugas seabrek, sampe sering pulang malem , atau bahkan gak tidur demi ngerjain tugas.

Pokoknya gak gue banget lah , dan kayaknya kalo di STAN kok gak segitunya banget sih. Tugas bisa jadi banyak tapi kayaknya gak pernah deh gue sampe gak tidur buat ngerjain tugas buset, kecuali pas DINAMIKA (Mos di STAN). Anak anak STAN masih bisa gaul ke mall atau tempet makan , nongkrong di warkop , dsb. Tapi jangan salah sih, kalo udah h-seminggu UTS/UAS mungkin bisa hectic banget lah anak STAN itu but overall menurut gue emang kuliah di STAN itu gak se stress kalo lu kuliah di jurusan atau kampus lain sih. imho

motivasi kuliah di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)


Sooo, buat kalian adik adik calon calon punggawa keuangan yang pingin masuk STAN silahkan nih diresapi 6 poin di atas apakah sudah sesuai sama yang kalian impi impikan. Apakah udah termotivasi buat masuk ke kampus ini. Sipp, ditunggu komentarnya. 

1 comment:

  1. Setiap orang perlu dan butuh motivasi, tapi motivasi setiap orang berbeda-beda, ada yang terinspirasi bukan termotivasi.. Jadi motivasi memang perlu punya, karena ketika sedang down, maka kita akan semangat ketika ingat dengan motivasi. Kesehatan88.com

    ReplyDelete