Monday, February 1, 2016

7 matkul penting anak AKUNTANSI STAN

Kalo kalian kuliah di STAN terutama jurusan D3 Akuntansi Reguler , maka kalian akan mempelajari sekelumit masalah masalah akuntansi yang tentunya bikin pusing 7 keliling. Buat kalian yang pengen masuk jurusan Akuntasi maka ada baiknya kaalian tahu apa aja sih atau mata kuliah apa aja sih yang kiranya bakal kalian pelajari setelah resmi menjadi anak Akuntansi nantinya

mata kuliah penting anak AKUNTANSI STAN
buku tebal sudah biasa..



1. Pengantar Ilmu Ekonomi ( Tingkat 1)

Ini adalah salah satu matkul yang menurut gue, sebagai anak IPA yang dulunya cuman sekelebat doang diajarin ekonominya, menurut gue ini adalah matkul yang bikin puyeng bahkan lagi nih ya lebih pusing daripada pelajaran utama gue yaitu Pengantar Ilmu Akuntansi. Karena oh karena yang bikin gue bingung adalah membaca kurva itu yang gue inget sampe sekarang paling cuman kurva penawaran ama permintaan  Gue bersyukur tingkat 3 udah gakada matkul beginian lagi .

2. Pengantar Ilmu Akuntansi (Tingkat 1)

Nah ini emang matkul utamanya anak akuntansi  atau dalam bahasa inggris matkul ini disebut Principle of Accountancy, emang sih masih dasar banget kalo belajar ini cuman ya dulu pas baru banget masuk STAN kan bener bener buta akuntansi bahkan buat sekedar ngerti kapan lu mengkreditkan cash aja gue masih melongo . Yang paling utama pas belajar ini sih yang penting balance aja sih waktu ngerjain siklus akuntansi karna kata dosen gue" balance belum tentu bener apalagi gak balance" LOL.

3. Mikroekonomi (Tingkat 1)

Udah satu level diatas Pengantar Ilmu Ekonomi dan buku yang dipake juga udah beda dan gue masih inget sampe sekarang buku yang dipake itu punyanya Salvatore buset itu sampe di jadiin meme ya pas masa masa gue UTS/UAS dulu soalnya sangking itu buku bener bener ringkas banget dan gak detil jadilah kami yang gak ngerti makin gak ngerti baca itu buku. Kalo di Mikroekonomi ini menurut gue susah karena masih berkutat dengan kurva (lagi) bahkan banyak rumus ekonomi bertebaran yang bikin gue puyeng.

4. Cost Accounting (Tingkat 2)

Nah ini dia pelajaran yang bener bener horor pas gue tingkat 2 , karena menurut gue materinya banyak banget tapi cuman dipelajarin 1 semester doang. Padahal kalo di univ lain bisa setahun atau 2 semester buat belajar cost ini. Bab yang paling susah menurut gue itu di bagian Job order costing jelas gara gara bab itu yang paling bisa di modif buat bikin soal yang subhanallah ribet banget dah pokoknya.

5. Akuntansi Perpajakan (Tingkat 3)

Dulu pas belom masok tingkat 3 mikir gimana yak kalo ada 2 matkul susah digabung jadi 1 . Nah ini deh jadinya Akuntansi Perpajakan atau gue singkat Akper. Matkulnya sih mungkin sebenernya gak sesusah itu cuman pas ujian soalnya bener bener bikin gue pengen pulang terus bobo aja deh. Karena kalo belajar pajak ini emang bener bener lu harus hapal itu segala macam pajak, tarif, dan perlakuannya dengan bener plus di akper ini lu juga harus make logika akuntansi lu.

6. Akuntansi Lanjutan (Tingkat 3)

Nah ini masternya akuntansi yaitu saat lu harus bener bener udah khatam tuh principle ama intermediate lu biar gampang mahamin nih matkul. Sekarang sih lagi belajar kayak ketika lu punya perusahaan terus perusahaan lu nanem saham di perusahaan lain dan lu bikin laporan keuangan konsolidasian (gabungan) gitu. Pengalaman pas uts kemaren sih soalnya tidak sehorror isu yang beredar tapi tetep aja gak balance gue hiks.Emang kudu banyak latihan dan review ulang lagi pelajaran yang dulu dulu sih.

7. Akuntansi Keuangan Menengah (Tingkat 2)

Lah kok gue taroh terakhiran ? iya karena menurut gue ini adalah inti dari lu belajar akuntasi ya pas lu belajar intermediate ini lah. Saran gue ketika lu dapet matkul ini lebih baik lu bener bener pastiin kalo lu ngerti ama materinya soalnya bakal kebawa entar pas lu tingkat 3 dan sampai kapanpun sih . Di intermediate ini awalnya belajar  tentang teori prinsip akuntansi kayak gambar segitiga piramida isinya conceptual framework gitu, terus lama lama lu makin belajar tentang akun akun di neraca satu satu dan akhirnya sampai kepada chapter yang menurut gue sulit itu adalah tentang bonds.

mata kuliah penting anak AKUNTANSI STAN

Hei hei, udah baca 7 poin di atas tentang 7 matkul penting anak akun STAN? Kalo ini sih subjektif sebenernya dan maaf juga kalo gue gak bahas matkul spesialisasi lain karena emang gue gak tau yah nanti kalo sempet gue cari tau. Gimana pendapat kalian? Coba di share di kolom komentar yak :)

2 comments:

  1. kak aku tahun ini alhamdulillah keterima di d3 akuntansi stan juga kea kk.. cuma pas baca ini..... tips nya dong kak agar jauh dari do begituan:")

    ReplyDelete